Senin, 02 Januari 2017

CATATAN KULIAH (PROTEKSI)



PROTEKSI
Yang dimaksud dengan proteksi ialah sisitim pengamanan yang dilakukan terhadap peralatan-peralatan listrik yang terpasang pada sistim tenaga listrik tersebut.

-          Proteksi yang berfungsi mengatasi gangguan seperti hubung singkat, tegangan beban lebih, frekwensi turun naik dan arus liar.
-          Proteksi mengamankan peralatan listrik, komponen listrik dan yang terpenting manusia


Saklar dengan tegangan nol akan memutuskan motor atau instalasi yang dihubungkan, kalau tegangan jaringan terlalu rendah atau hilang sama sekali.
Penggunaan saklar pengaman elektro magnetic dikombinasi dengan saklar bintang, segitiga atau kontroler dengan menggunakan pengaman tegangan nol dan pengunci itu lebih baik.
Pengaman tegangan nol sentral, hanya digunakan satu saklar tegangan nol bersama untuk seluruh instalasi atau kelompok motor.
Sebuah saklar dengan pengaman arus ikut dan arus balik memiliki dua kumparan tegangan, kumparan-kumparan inidapat dihubungkan menurut prinsip arus kerja atau menurut prinsip arus diam.

Tegangan nol didapat dari netral dan tanah atau arde.
Tujuan tindakan pengamanan atau proteksi pada instalasi listrik adalah untuk melindungi manusia dan peralatan yang tersambung pada instalasi itu jika terjadi arus gangguan akibat dari keadaan yang tidak normal. Untuk itu diperlukanperalatan pengaman seperti sekring, mcb, relay beban lebih, ELCB dan lain-lain sebagainya
-          Sekring adalah pengaman lebur yang fungsinya untuk mengaman kan instalasi dari gangguan arus hubung singkat. Jika suatu sekring dilewati arus diatas arus kerjanya, maka pada waktu tertentu sekring  tersebut akan lebur atau putus. Besarnya faktor peleburan berkisar antara 1 sampai 1.5 .
Besarnya arus yang dapat melebur suatu sekring dalam waktu 4 jam dibagi arus kerja pengaman
Disebut faktor peleburan.
-          Relay beban lebih atau RBL. Fungsi dari rbl adalah memutuskan rangkaian jika terjadi arus beban lebih akan menyebabkan panas pada penghantar dan dapat merusak bahan isolasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar